Tatacara pengurusan paspor

Posted: 7 Februari 2011 in Fresh from JAPAN

Karena ada temen yang update status tentang pengurusan passport baru, gak ada salahnya kalo saya berbagi pengalaman saat ngurus passport sendiri. Tanpa lewat calo.

Secara umum prosedur pengurusan dan syarat – syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut :

Tahap I : Penyerahan Dokumen
1. Kelengkapan berkas dokumen.
 KTP asli dan fotocopy
 Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy
 Akte Kelahiran Asli dan fotocopy ( kalau tidak ada Akte bias pakai ijasah pendidikan formal )
 Surat Sponsor / surat keterangan / surat rekomendasi dari tempat kerja
 Meterai Rp.6000

Dokumen2 lain :
 Akte Nikah
 Surat WNI/SKKRI/SBKRI untuk yang punya
 Surat Keterangan Ganti Nama
 Ijazah terakhir

2. Setelah dokumen siap, saatnya kita berangkat ke kantor imigrasi.
Kantor imigrasi tidak harus sama dengan Alamat KTP kita, karena system imigrasi sudah online, jadi kita bisa mengurus passport di kantor imigrasi mana saja.

3. Sampai di kantor imigrasi, yang kita tuju pertama adalah koperasi, yang ditandai dengan adanya mesin foto copy, di situ yang kita perlukan adalah membeli map untuk passport ( biasanya, map yang kita beli sudah dilengkapi dengan formulir pengurusan passport , di situ juga ada keterangan dokumen – dokumen apa saja yang harus disertakan) .

4. Tulis dan isi kolom kolom pada Map dan Formulir sesuai perintah, sertakan dokumen yang diperlukan dan serahkan ke Loket pendaftaran Passport

5. Di sini dokumen akan dicek kelengkapan, dan ditanya tujuan pembuatan passport, jawab saja apa adanya dan seperlunya. Misalnya untuk belajar.

6. Setelah dokumen diproses, anda akan menerima berkas dan mendapat kertas berisi data singkat tgl kapan anda harus kembali.

Sampai sini tahap I telah kita lalui dan anda harus datang lagi sesuai tgl tercantum untuk memenuhi tahap II, ohya karena tahap I sifatnya hanya penyerahan dokumen anda bisa mewakilkan kepada orang lain di tahapan ini.

Tahap II : Photo, Wawancara, dan Sidik Jari
Ini adalah tahapan utama dalam pembuatan passport dan tidak bisa diwakilkan pada orang lain.

1. Datanglah sesuai tgl yang tertera di slip yg kita terima saat tahap I,
2. Ikuti proses sesuai arahan petugas, prosesnya bisa Photo – wawancara – sidik jari – bayar atau Bayar – Photo – Wawancara – Sidik jari semua harus kita sendiri karena terkait data diri.
3. Proses ini kelihatan sepele, tetapi bisa memakan waktu antri yg sangat panjang, penyebabnya adalah :
Anda diserobot oleh oknum calo, atau ada orang besar yang kebetulan bebarengan dengan anda. Jadi di sini anda harus banyak2 bersabar dan istighfar he he.
Setelah proses tahap II selesai anda akan menerima kertas pemberitahuan untuk kedatangan yang berikutnya yaitu tahap III

Tahap III : Pengambilan Passport
Sampai pada tahap ini sebenarnya kita sudah selesai mengurus passport hanya tinggal menunggu pencetakan passport, kita tinggal datang sesuai tgl tertera dan mengambil passport, membubuhkan tanda tangan di tanda bukti pengambilan dan selesai ….. ( tahap ini juga bias diwakilkan)

Prinsipnya : kalo kita mengurus sendiri kita perlu 3 kali datang ke kantor imigrasi, besa besoknya atau bisa tenggat 2-3 hari jadi total bisa 2 minggu. Tapi kalo lewat calo, setelah daftar, kita bisa langsung photo dan besok passport sudah jadi. Tergantung waktu yang anda miliki.

Biaya :
Resminya kira 285.000an Dg rincian : buku passport 48 halaman Rp. 200.000, Photo bio metric Rp. 55.000, Sidik jari Rp. 15.000, Map & materai Rp. 15.000 sampai saat ini, sebenarnya saya baru ngurus passport 3 kali, plus passport istri 1 kali, pada passport ke 1 dan ke 2, saya ngurus passport sendiri karena ada waktu longgar, tapi passport yg ke 3 sy serahkan pada calo karena gak ada waktu. Kalo lewat calo semua diurus sama calo, kita tinggal datang untuk photo, sidik jari dan wawancara. Biayanya relative ( bisa 500rb – 1jt )

Mudah2an dengan artikel ini para pembaca bisa terbantu bila ingin mengurus passport sendiri. Selamat mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s