TERIMAKASIH untuk 8 tahun keberSAMAan (2001-2009)

Posted: 19 September 2009 in Fresh from JAPAN

Agustus 2001 ; ” Saya hanya ingin mempertegas apa yg pernah kusampaikan pada anti lewat teman sekelas anti, bahwa saya berharap anti bersedia menjadi pendamping hidup saya .. ”

2 Sep 2001 ; -malam- via telepon umum (hari gitu mana ada mahasiswa kere pegang HP he2 ) ; ” ..saya bermaksud silaturrahmi ke rumah ortu anti, … ”

3 Sep 2001 ; Selepas subuh ku langsung cabut dari asrama karantina tempat aku bekerja sebagai instruktur bahasa jepang, ya pekerjaan yg lumayan karena aku masih belum lulus kuliah, … dapet asrama, makan 3 x gratis bergizi, gaji 1juta utuh,.. di surabaya lho yo, taon segitu … – sayang kontrak cuman 2 bulan he2 – . ; kursus lagi libur jadi kusempatkan untuk bersilaturrahmi ke rumah akhwat yg ku harap bisa jadi istriku kelak, .. Pacitan – beuh, jauh men, .. 8 jam dari surabaya. aku sebenarnya juga gak paham banget apa yg sedang kulakukan waktu itu, .. silaturrahmi ato meminang seorang gadis, … yang ada dalam pikiranku adalah aku hanya ingin menyegerakan menikah, dan dari data2 yang kukumpulin via temen2 kuliah aku sudah pada posisi tembak yang tepat mau apalagi, .. setengah berani setengah bingung,.. nekat aku pergi sendiri … calon mertua seperti apa yg akan kuhadapi juga luput dari perhitungan, .. Tapi, aku berniat baik mengapa harus takut, .. itu saja semangatku , …. jam 12 siang aku sampai di terminal ponorogo ; tempat yg benar2 asing karena baru pertama kali kudatangi, .. pertama yg kucari adalah pedagang buah,.. ya wajarlah mo ketemu camer masak ga bawa oleh2 ,… mo dilempar sendal apa , .. Sep, kubeli buah secukupnya , .. tapi bukan itu tujuan utama, .. tujuan utama adalah aku ingin menunjukkan diriku yang sebenarnya, … inilah aku yang akan meminta anakmu untuk menjadi pendamping hidupku ,… tapi waktu itu perasaan masih gak karuan, .. kacau balau , .. da gitu ga ada temen ngobrol lagi,.. gak ada mainan SMS apalagi Facebook, … yang ada hanya doa kupanjatkan, … sekali lagi ,.. .. aku berniat baik mengapa harus takut, .. itu saja semangatku , …. ” …… setelah ini, saya harus naik apa dan masih berapa lama sampai di rumah anti ?, … ” tanyaku via telepon umum , …. jam 3 sore ; aku sampai di pasar Arjowinangun kota Pacitan, karena aku akan dijemput di situ, … tak berapa lama datang si dia, .. ” Silahkan naik angkot yang itu, .. ” kami naik angkot kira2 10 menit hingga sampai depan rumahnya, …. sesampai dirumah bapak dan ibu camer da menunggu, .. tapi aku berusaha akrab dan tidak canggung apalagi gugup .. karena , .. aku berniat baik mengapa harus takut, .. itu saja semangatku , …. setelah permisi untuk sholat dhuhur ma ashar, aku bercakap2 sambil menikmati hidangan dan makanan yang sepertinya sudah dipersiapkan dengan serius he2,.. tau aja kalo orang cakep dateng he2 , .. aku tahu mungkin si camer ingin menjajaki pada pemuda seperti apa putri kesayangannya akan diserahkan, …. setelah cukup berkenalan dan ngobrol sana sini dengan camer, .. aku berkesempatan berbicara langsung dengan calon istriku,.. dan ini adalah kesempatan pertama aku berbicara langsung dengannya ; yah,.. yang kami bicarakan adalah penyamaan persepsi tentang arti dan hakekat pernikahan, … menjelang pukul 5 sore kami da mantaffff, .. Cocok n deal,.. akhirnya kami bersepakat akan segera menikah, … untuk masalah tanggal kami serahkan pada camer, … ( hingga posisi ini ortuku sendiri belum tau apa yg sedang aku lakukan, dasar gemblung he2 … ) karena sudah sore aku pamit pulang ke surabaya (tau gak,.. nyampe surabaya jam 2 malam he2 .. dasar nekat lho ,..)

5 sep 2001 ; ” ……. bapak menawarkan tanggal pernikahan 13 ato 28 september ini, …” suara dari sebrang ” … OK kalo gitu aku pilih tanggal 13 aja, … ” akhirnya kami sepakat menikah tanggal 13 sep 2001 6 sep 2001 aku pulang ke lamongan, untuk memberi tahu orang tuaku bahwa aku akan menikah tanggal 13 september 2001, , .. Aku juga blom bayangin kira2 bapak n ibuku marah ga ya, … Yang aku yakin bahwa mereka sangat percaya dan mendukung apapun yang aku pilih dan lakukan, .. Itu karena mereka melihat track record tingkah lakuku selama ini, … Hampir magrib aku nyampe rumah, setelah berbasa basi dan prolog sbentar aku langsung mengutarakan maksudku ” … Bu, insya Allah tgl 13 ini aku menikah,. .. ” heran, tidak kulihat raut terkejut yang berlebihan di wajah ibu, .. Da terasa kali he2 , .. Kebetulan bapak lagi keluar kota, chiee kayak pebisnis aja,.. Bukan gitu, bapak lagi ngantar rombongan yang sedang berwisata walisongo taggal 7 sep baru datang,…

7 sep 2001 Meski agak kaget, bapak tetep menyetujui, .. Pernikahanku ” .. Masalahnya adalah mengurus surat2 pernikahan juga butuh waktu ,.. ” itu kata bapak , .. Untungnya bapak adalah pegawai PPN jadi urusan surat2 menyurat nikah dah ahlinya he2, .. Jadi agak tenang deh ,….

9 sep 2001 Kayak bagi tugas, bapak segera mengurus surat2 yg diperlukan , .. Dan membawanya ke pacitan ,. .. Sementara aku mesti bertolak ke JAKARTA , .. Karena harus mengurusi VISA dan administrasi keberangkatan ke JEPANG (1 oktober 2001) wuiih berpacu dengan waktu, … Kebetulan ada temen yang bersamaku waktu itu, si LUZA dan YAYAS (Indah yuli), ..

11 Sep 2001 Ketegangan terjadi di lamongan, .. Karena hingga sore aku belum datang dari jakarta, .. Ya pagi aku memang da sampe di surabaya, .. Tetapi aku masih harus ngisi form data dan ngeFAX ke Chiba University sehingga sore baru bisa ke lamongan, … Dan akhirnya jam 9 malam aku nyampe rumah lamongan meski tamu2 da pada sepi, …. “.. Pengantin aneh ,.. Mo nikah malah keluyuran .. ” canda tetangga2 dan keluarga yg masih tersisa di rumah , ..

12 sep 2001 Malam, .. Aku dan rombongan pengiring bertolak menuju pacitan,.. Sengaja berangkat malam karena akad nikah akan dilangsungkan pada kamis pagi , …. Kata orang, seharusnya pada posisi ini aku deg-degan tapi dasar , … Karena banyaknya hal yang kuurus dan kecapekan, .. Aku tidur aja, …

13 sep 2001 Pagi rombongan sampai di Pacitan, .. Dan dijemput oleh keluarga calon istri ,.. Dan tepat jam 09.00 ” … Saya terima nikahnya RH binti SR dengan maskawin …” prosesi akad nikah kami digelar dengan lancar Alhamdulillah, …..

13 sep 2009 Tak terasa sudah 8 tahun berlalu, kami telah dikaruniai 1 putri dan 2 putra, pahit manis asam asin bumbu pernikahan sedikit banyak telah kami rasakan, .. Dan alhamdulillah, .. Pemahaman ISLAM membimbing kami tentang bagaimana sebuah keluarga harus diarahkan , … Bila pernikahan adalah perjanjian besar (Mitsaqan Gholidha) , .. Maka tugas kami adalah memegang janji ini hingga pertemuan di hari pembalasan , …. Bukan sekedar nafsu dan kesenangan duniawi semata, (yang gitu2an gak perlu ditongkrongin di sini he2, lo pade cukup tau kulit aja ye).. Tapi cinta atas nama Allah, .. Yang akan melanggengkan ikatan ini , … Istriku terima kasih , .. Sungguh tidak ada kesetiaan melebihi yag engkau berikan , .. Robbana hablana min azwajina wadzurriyatina qurrota a`yun wajalna lilmuttaqiina imaama, … Ya Allah tuhan kami, jadikanlah istri-istri kami dan anak-anak kami penyejuk mata kami, dan jadikan kami pemimpin dari orang2 yg bertaqwa , .. Amiiin, ..

Shizuoka – JAPAN , 13 September 2009

Komentar
  1. retno mengatakan:

    wah..wah kang opick ingatanya LB deh.

Tinggalkan Balasan

