Prosedur Pengurusan STNK yang Hilang.

Posted: 5 April 2011 in Taawun centre

Pengalaman adalah guru yang sangat berharga, pepatah ini benar2 berlaku bagi saya, disebabkan kehilangan STNK mio istri, tahun lalu saya nekat mengurus prosedur pembuatan (duplikat) STNK yang hilang.
Yah itung – itung mumpung libur sebulan sebelum kembali ke jepang lagi, singkat padat, jelasnya begini :

TAHAP I : Persiapan berkas yang diperlukan :
Dokumen awal :
a. KTP ( sesuai BPKB ) Asli dan Photocopy 5 lembar ( sesuai kebutuhan )
b. BPKB Asli dan Photocopy 5 lembar ( sesuai kebutuhan )

1. Mengurus surat kehilangan ke Polsek setempat.
Bawa KTP, BPKB Asli & Copy @ 1 lembar ke Polsek untuk mengurus surat kehilangan STNK. Karena polisi akan melakukan prosedur pemeriksaan kehilangan maka akan banyak pertanyaan yg diajukan yg selanjutnya dituangkan ke dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan) Kehilangan STNK. Jawab saja dengan jujur, polisi sudah tahu apa yg harus dilakukan.

2. Mengurus surat bebas tilang ke satlantas
Bawa Photocopy BPKB dan Surat Kehilangan dari polsek (point 1) ke satlantas di daerah anda, (untuk jaga2 siapkan juga KTP dan fotocopynya), sampaikan keperluan anda dan berikan copy BPKB & Surat kehilangan, kalo lancer 5 menit surat bebas tilang sudah jadi.

3. Mengurus surat bebas criminal (yg saya pahami kendaraan anda tidak sedang dlm kasus)
Bawa Photocopy BPKB dan Surat Kehilangan dari polsek (point 1) ke POLRES bagian RESKRIM di daerah anda, (untuk jaga2 siapkan juga KTP dan fotocopynya), sampaikan keperluan anda dan berikan copy BPKB & Surat kehilangan, yang ini agak bisa perlu waktu karena tergantung kabareskrim ada atau tidak. Bisa 1/2 hari atau besok baru jadi.

4. Mengurus Iklan Koran kehilangan 3x terbit.
Bawa Photocopy BPKB dan Surat Kehilangan dari polsek (point 1) ke satlantas di daerah anda, di sini anda akan dikenai biaya pemasangan iklan 3hari (kasus yg saya alami bayar Rp.35.000), besok harinya anda akan diberi kliping pemuatan iklan selama 3 hari.

Sampai di sini proses TAHAP I sudah selesai
Dokumen yang seharusnya sudah anda pegang adalah sebagai berikut :
1. BPKB
2. KTP dengan nama sesuai BPKB
3. Surat lapor kehilangan dari POLSEK
4. Surat Ket Bebas Kriminal ( motornya red.)
5. Surat Ket Bebas tilang
6. Kliping Iklan Koran kehilangan 3x terbit.
7. Bila KTP tidak sama dengan yg ngurus maka harus ditambah surat kuasa ber materai 6000 ( ini mah gampang contoh form surat kuasa download di sini nich atau bisa juga kok ditulis pake tangan )

Sebelum masuk tahap II siapkan alat tulis dan photocopy semua berkas di atas @ 2 lembar

TAHAP II : Pengesahan Berkas (tepatnya BPKB)
Lokasi : Biasanya di area SAMSAT bagian belakang
1. Datang ke SAMSAT di daerah anda bila ada pemandu tanyakan saja pada pemandu, bila tidak ada langsung ke bagian TU (Photo Copy) beli Map Merah
2. Lengkapi kolom di MAP (No pol, No Engine, Rangka dll) , kalo gak salah gak lengkap juga gak apa2, yang penting no pol, tapi kalo mo aman dilengkapi saja kan sudah bawa bolpen dari rumah , sayang kalo tak digunakan. Sesudah itu masukkan berkas pada tahap I ke dalam map, dan berikan ke LOKET Pemeriksaan FISIK.
3. di sini berkas dicek, dan diberi formulir serta kertas gesek, kertas gesek digunakan untuk menggesek Nomor Mesin dan Rangka Kendaraan anda. Oleh karena itu ada baiknya sebelum berangkat motor dicuci dulu, terutama bagian yang tercetak nomor Mesin dan Rangka biar mudah saat di GESEK.
4. Bawa Kendaraan ke tempat CEK FISIK, serahkan kertas GESEK dan Form yg anda terima dari LOKET, ke petugas GESEK.
5. setelah di GESEK / cek FISIK, bawa berkas kembali ke LOKET pemeriksaan FISIK, dari situ anda akan diminta untuk datang ke bagian ARSIP ( setahu saya ini proses untuk pengesahaan BPKB anda )
6. Pergi ke bagian ARSIP berikan berkas dan tunggu untuk dipanggil.
7. Setelah menerima kembali berkas dari bagian ARSIP anda akan diminta menuju LOKET pembelian Formulir, di situ tertera harga sesuai dg jenis kendaraan ( untuk roda 2 Rp.50.000 –SAMSAT GRESIK ) atau mungkin ada perbedaan di tempat lain saya gak tau.
8. Dari sini tahap II sudah selesai berkas 2 anda sudah beres tinggal pendaftaran DUPLIKAT STNK.

TAHAP III Pendaftaran Duplikat STNK
LOKASI : SAMSAT bagian DEPAN
1. Pergi ke pemandu atau kalo tidak ada, langsung ke bagian DUPLIKAT STNK atau bisa langsung ke bagian FISKAL / LEGES.
2. Di Bagian DUPLIKAT STNK adalah untuk memeriksa kelengkapan berkas, sedangkat di bagian FISKAL / LEGES adalah untuk menghitung tagihan pada kendaraan anda ( misalnya berapa pajak yang harus dibayar, kalau anda sudah bayar pajak berarti kosong )
3. Dari FISKAL anda datang lagi ke DUPLIKAT atau langsung ke LOKET PENDAFTARAN, tunggu nama STNK anda dipanggil, kira 30 menit, atau tergantung antrian yang ada.
4. Anda akan dipanggil untuk bayar ke kasir. ( ini bila STNK anda memiliki tagihan PAJAK , tapi bila anda tidak memiliki tunggakan, anda akan di suruh langsung ke pengambilan STNK )
5. Ambil Duplikat STNK dan SELESAI.

Terlihat rumit tapi bagi yg suka berpetualang, akan menjadi pengalaman yang mengasikkan jika bisa mengurus sendiri.

Kalkulasi BIAYA :
Sebelumnya saya sudah bertannya tanya ke CALO tentang biaya pengurusan STNK yang hilang ( kira2 400 – 500 rb) tetapi biaya resmi dari awal hingga akhir adalah
1. Iklan Koran Rp. 35.000 ( tiap tempat bisa berbeda )
2. Formulir Duplikat u/ Roda 2 Rp. 50.000 ( TAHAP II point 7 )
Jadi biaya resmi yang kita keluarkan adalah RP. 85.000
3. Bensin, makan minum anda sendiri
4. untuk pengurusan di masing instansi lebih dulu tanyakan mungkin ada biaya administrasi. Kalo tidak ada ya berarti gratis.
5. di samping biaya diatas , jika anda memiliki tunggakan pajak maka anda akan dikenai biaya sesuai besaran pajak tahunan kendaraan anda.

Oye, mudah2 artikel ini bermanfaat buat anda yang mungkin pusing karena STNK nya hilang, saran saya jaga STNK baik2, kalo hilang beuh ribet kan he he, selamat mencoba !!!.

Komentar
  1. winda mengatakan:

    Surat Kuasa STNK hilang, contohnya mana yah kang opik ??
    katanya da disini………..

  2. adit mengatakan:

    kalau lokasi hilangnya di daerah berbeda dengan plate nya gmana mas??

  3. kangopick mengatakan:

    setahu ane ga masalah gan, … yg penting laporan di polsek / polres di wilayah ktp/stnk, …

  4. bagus mengatakan:

    bagus gan, informasi nya saya baru saja kehilangan ni…..terima kasih infonya

  5. Dake mengatakan:

    Stnk hilang, untuk iklan apakah media sudah disediakan di satlantas/polres, atau mengurus sendiri ke kantor media?

    • kangopick mengatakan:

      sory gan, telat jawab, …. untuk iklan media anda bisa pergi ke balai wartawan di kota ybs, di sana anda akan dibuatkan kliping iklan dengan masa 3 kali terbit, … klo gak salah bayar 25.000, ..

  6. ibenimages mengatakan:

    Terima kasih, tulisan yang sangat bermanfaat. Saya akan coba mengikuti tahapan yang dituliskan disini. Insya Allah lancar urusan, dan pahala Bang Opick bertambah. Amin.

  7. ayu mengatakan:

    bru sja khlangn stnk…
    bngung rsnya klo d tnggung sndri..
    thank yuo yaa tlsanny

  8. nene mengatakan:

    maaf mau tanya.. kbtlan sntk sya baru saja hilang..
    saya mau tanya soal pemasangan iklan itu gimana ya maksudnya???
    makasihh :)

    • kangopick mengatakan:

      maksudnya kita memasang iklan di media selama 3 hari,
      biasanya kita tinggal datang ke balai wartawan di lokasi mbak tinggal, disitu kita minta dibuatin iklan untuk stnk yg hilang
      kita bayar sekitar 25 ribu, besoknya kita ambil kliping bukti iklan, dan kliping (1 lembar folio yg ditempeli guntingan iklan)
      itu yg menjadi salah satu syarat pengurusan duplikat STNK.

  9. aldii mengatakan:

    gan kalo misa mau urus stnk hilang tapi itu motor bekas bpkb dn stnk yg hilang masih atas nama pemilik sebelumnya
    itu gimana prosedurnya ?
    mohon pencerahannya

  10. putra jildzian ivay mengatakan:

    nah klo mtornya msih kredit trus STNK nya hilang
    gmn tuhk
    mslh nya mtor saya msih kredit

  11. mahmud mengatakan:

    gan, mau tanya, klo nama BPKB nya msh nama pemilik sebelumnya,, trus kita gk bs pinjem KTP nya si org trsbt gmn??? apakah d gresik ada cara yang lebih gampang??? pakai surat kuasa,, tp isinya di rekayasa,,, bisa nggak gan??? mhn pencerahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s